Kamis, 01 April 2010

Competency Based Human Resource Management (CBHRM)

Berikut adalah langkah-langkah mengenai Competency Based Human Resource Management (CBHRM), dimana pemicu utamanya adalah strategi bisnis/organisasi untuk bisa menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat pula. Atau dengan kata lain, memastikan kualitas karyawan pada posisi yang tepat.


Beberapa contoh terhadap kompetensi standar, baik untuk operator, teknisi, bahkan sampai ke specific engineer seperti Reservoir, Drilling, Facilities, Production, masih banyak digunakan di perusahaan minyak & gas sebagai acuan utama dalam mencari orang dan promosi.

Sedangkan Talent Based Human Resource Management (TBHRM), biasanya dipicu oleh adanya kekurangan jumlah (kuantitas) manpower. Sehingga HR harus mempersiapkan benchstrength yang cukup dan memenuhi kebutuhan operasi bila ada pekerja yang akan pensiun atau berhenti, atau pindah ke perusahaan lain.

TBHRM memang juga dipicu oleh adanya Succession Planning dan Replacement Planning di perusahaan. Dimana pendekatannya akan melihat kepada POTENSI dan PERFORMANCE karyawan dalam kurun waktu tertentu (misal dalam 3 tahun berturut-turut).


Sumber :
http://www.migas-indonesia.com/index.php?module=article&sub=article&act=view&id=2021
19 September 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar