Penggunaan media web dan e-mail sudah menjadi sarana komunikasi yang umum dalam suatu perusahaan dan ter-integrasi dengan berbagai aplikasi perkantoran. Karena memudahkan dan mengoptimalkan kerja yang biasanya dilakukan secara manual.
Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi (Competency Based Human Resource Management - CBHRM), adalah metode penilaian kualitas SDM dalam suatu organisasi atau perusahaan dengan berbasiskan kompetensi standar yang ditetapkan oleh pemilik perusahaan, termasuk di Bank MANDIRI Jakarta. Konsep pengembangan SDM berbasis kompetensi memungkinkan manajemen memperoleh SDM yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Prosedur CBHRM dimulai dari proses Performance Plan atau penyusunan rencana kerja, dimana pegawai mendefinisikan sasaran kerja, bobot dan parameter keberhasilan pencapaian target. Dilanjutkan dengan Performance Tracking dimana terjadi proses pemantauan kerja antara atasan dan bawahan berdasar Performance Plan yang telah disusun. Performance Appraisal adalah proses akhir dimana realisasi dibandingkan dengan rencana awal yang akan menghasilkan suatu skor dan rating kompetensi dengan menggunakan perhitungan tertentu. Pegawai yang melakukan prosedur CBHRM akan melalui dua penilai yang setiap penilai berbeda satu level jabatan lebih tinggi.
Aplikasi Pendukung Manajemen SDM Berbasiskan Kompetensi di Bank Madiri Jakarta adalah aplikasi yang berjalan diatas protokol web dengan menggunakan Apache sebagai web server, PHP scripting dan basisdata MySQL, yang akan mentransformasikan prosedur CBHRM ke dalam betuk aplikasi. Serta didukung oleh fungsionalitas notifikasi dalam betuk email setiap terjadi perubahan status CBHRM pegawai. Dengan dibangunnya aplikasi ini, prosedur CBHRM diharapkan dapat berjalan lebih teratur, terkontrol dan terintegrasi dengan baik.
Sumber:
Nurhayat Ali Hanifa
Abstrak 2005
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?option=com_repository&Itemid=34&task=detail&nim=613010016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar